latest Post

Cara Menggunakan Envelope Tool Pada CorelDraw

ShareDesigner - Selamat pagi sobat designer, untuk pagi ini saya akan berbagi tentang penggunaan atau fungsi dari Envelope Tool pada CorelDraw. Envelope Tool pada Coreldraw berfungsi untuk merubah bidang atau shape atau bentuk sebuah objek dengan memasukkan efek tertentu. Penjelasannya kurang spesifik ya? Memang susah untuk dijelaskan menggunakan kata kata :D tapipada dasarnya memang seperti itu meskipun kelihatannya memiliki kesamaan fungsi dengan tool lainnya pada Coreldraw.


Envelope Tool akan lebih terlihat fungsi nya jika menggunakan text yang sudah di convert. Jika ingin menarik setiap node menggunakan efek envelope maka seperti memiliki titik perspektif sendiri. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini.


Menu Envelope Tool ini ada pada ToolBox atau pada Menu Bar dengan mengakses menu Effects > Envelope maka spontan akan terbuka box di sebelah kanan yang merupakan pengaturan yang dapat digunakan secara manual. Terdapat pula settingan manual pada property bar asalkan alat tersebut yakin sudah diaktifkan.



Efek yang terkandung pada kotak pengaturan mencakup Horizontal, Vertical, Putty dan juga Original. Jika setelah memilih salah satu efek tersebut maka untuk mendapatkan fungsi secara maksimal harus menekan menu “Apply”. Terdapat pula efek “Keep lines” dengan cara menchecklist atau tetap dikosongkan. 


Fungsi Envelope Tool pada Coreldraw bisa menciptakan pandangan perspektif pada objek tertentu atau bisa mengedit setiap titik objek tersebut sehingga mendapatkan bentuk yang diinginkan. Penjelasannya memang agak susah, akan sangat disarankan jika para desainer mencoba secara perlahan dan mengaplikasikan setiap efek yang dibawa oleh tool tersebut. Semoga bisa sesuai dengan kebutuhan objek desain sobat designer. Terlebih lagi alat ini digunakan untuk memvisualkan sudut pandang seseorang tergantung darimana pengguna atau desainer melihat. Semoga bermanfaat buat sobat designer.


Sekian pembahasan tentang fungsi dari Envelope Tool. Dan mungkin ada yang ingin menambahkan atau mungkin mengoreksi tulisan saya, silahkan menuju kolom komentar, karena pengetahuan yang saya miliki masih sangat kurang. 

Salam Designer !!

About ShareDesigner

ShareDesigner
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar